Kamis, 08 Januari 2009

Mitos atau agama yang lebih dulu ada ?...

Ada pertanyaan yang sering dijadikan suatu pembodohan baik yang bertanya maupun yang menjawab. Manakah yang lebih dulu ada telor ayam atau ayamnya ?... Tapi kali ini saya ingin menguji sebuah pertanyaan yang sama yaitu manakah yang lebih dulu ada mitos atau agama?... Pertanyaan ini merupakan lanjutan dari pembahasan mitos sebagai penggerak logika. Saat itu saya menulis bahwa istilah agama muncul karena adanya mitos dengan contoh banyaknya dewa-dewa. Hal ini saya ungkapkan agar tidak terjadi kesalahan penafsiran atas sesuatu yang amat sensitif. Pada awal penulisan mitos sebagai penggerak logika saya pernah mengungkapkan bahwa istilah mitos sebenarnya hadir di zaman kita tidak pada zaman dahulu. Maka dengan ini sudah pasti ditemukan jawaban yang sebenarnya. Tapi kali ini saya berusaha mengupas lebih dalam lagi kebenaran yang ada. Saya mulai dari manusia yang menghuni bumi pertama kali bisa di bilang adalah nenek moyang kita semua yaitu adam dan istrinya hawa. Dalam hal ini saya tidak mengakui teori yang mengatakan bahwa nenek moyang kita adalah kera,atau anda mau kalau anda disebut kera. Tentu tidakkan ?... Maafkan saya terlalu berlebihan,tapi andai boleh terus terang alasan saya tidak mengakui teori tersebut karena saya tidak mau disebut kera. Sudah yach nanti bahasan kita menjadi meluas dan menjauhi tujuan awal. Mari kita berhayal sedikit pada masa pertama hadirnya adam dan hawa di dunia ini. Seperti halnya kita, ketika tiba di suatu tempat yang baru tapi tempat itu berbeda dari asal kita maka kebingunganlah yang hinggap dalam diri kita. Agar lebih mudah saya ambil contoh yaitu seorang kaya raya yang terbiasa hidup dalam kemewahan dan kecukupan dengan puluhan pelayan yang siap sedia melayaninya tanpa mengeluh,suatu saat harus menjalani hukuman dalam penjara yang amat kejam dimana tidak ada seorang pun yang dapat membantu apalagi pelayan. Dalam kebingungan dan kesedihan yang amat sangat itulah adam dan hawa kembali berusaha mencari jalan ke luar untuk dapat kembali ketempat asal yang keindahannya tiada tertandingi. Maka adam dan hawa menjadi dua manusia yang terus menerus memohon akan ampunan atas dosa yang telah diperbuat sehingga harus menjalani penjara kehidupan didunia ini. Singkat cerita Seperti halnya sepasang manusia maka adam dan hawa mempunyai putra dan putri. Dalam membesarkan belahan hati mereka, Adam dan hawa terus memberitahukan kepada putra-putrinya akan tempat asal mereka dan memberitahukan janganlah kamu berbuat dosa karena ada sosok suci dan berkuasa yang terus memperhatikan setiap perbuatan yang mereka lakukan. Andai kalian melanggar maka hati-hati lah karena kalian tidak akan pernah kembali ke pada tempat asal kalian tapi kalian akan kembali mendapat hukuman yang abadi. Ucapan itu terus berulang sampai ajal menjemput mereka berdua. Jadi secara tidak langsung unsur agama sudah ada pada saat adam dan hawa memberitahukan kepada putra-putrinya agar melakukan perintah dan menjauhi laranganNYA. Setelah adam dan hawa tiada adalah awal timbulnya mitos,kenapa ?..... Menurut logika saya dan berdasar data sejarah bahwa yang mengetahui akan asal usul manusia hanyalah adam dan hawa,sehingga wajar lambat laun manusia menilainya sebagai cerita atau dongeng semata. Terlebih lagi manusia sudah sangat berjuang dengan keras untuk dapat menyesuaikan diri dengan dunia ini. Setelah keberhasilan menyesuaikan dan mengetahui keuntungan dari dunia ini,manusia merasa bahwa ini tempat asal dan kehidupan kita. Mereka sudah sangat melupakan pesan nenek moyang mereka. Jadi itulah jawaban yang bisa saya berikan, semoga kita sadar akan asal kita, dimana nenek moyang kita menanti dengan tidak sabar perjumpaan dengan kita cucu-cucu mereka. Tanggapan,kritik dan saran saya nantikan guna perbaikan. Terima kasih,wassalam.

3 komentar:

  1. Kalau di lihat dari sudut pemikiran Ilmiah,maka mitos terlebih dahulu muncul sebelum adanya agama. Karena dari beberapa peneliatian ilmiah ternyata sebelum orang mengenal kata Agama atau Tuhan Yang Esa terlebih dahulu manusia telah mempunyai aturan2 berupa mitos dan justru lebih tua dari agama

    Kalau melihat dari kacamata Agama...
    mmmm... Adam manusia pertama, selesai :-)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Pada dasarnya, menurut saya Agama lebih dulu ada,.. Hal yang menjadi acuan saya, adalah kelahirannya Manusia Pertama, Nabi Adam AS, yang kemudian menyakini dan menyembah Allah SWT...
    hal inilah yang diartikan sebagai Agama, walaupun dalam konteks yang sangat sederhana....

    BalasHapus